Header Ads

AKTIVITAS JALAN CEPAT KLS VII SMS 1 2020

Aktivitas Jalan Cepat

Salam Olahraga,
Sehubungan dengan masih di terapkannya kebijakan PSBB karena masih adanya wabah virus covid-19 dan masih menuju ke arah masa new normal di setiap daerah yang berbeda-beda karena seiring dengan masih adanya daerah yang masih terdampak covid-19. Oleh karena itu masih di butuhkannya  pembelajaran jarak jauh melalui daring atau melalu sistem offline. Pada kesempatan ini admin newpjok akan membahas tentang materi pembelajaran aktivitas jalan cepat untuk kelas VII (tujuh) sekolah menengah pertama (SMP/MTS).

JALAN CEPAT

Aktivitas jalan cepat merupakan materi pembelajaran yang di ajarkan kepada peserta didik baik itu secara teori maupun secara praktek. Jalan cepat termasuk nomor pertandingan yang ada di cabang olahraga Atletik yang biasa di pertandingkan di setiap even olahraga baik itu tingkat Prajunior, junior maupun tingkat senior. Even-even olahraga itu di bagi menjadi dua macam yaitu even olahraga tunggal ( single ) dan multi even yang diikuti oleh banyak cabang olahraga

Single Even (Tunggal)

Kejuaraan jalan cepat ini biasanya masuk ke dalam even tungggal yang maksudnya hanya di ikuti oleh satu cabang olahraga yaitu cabang olahraga atletik di bawah naungan organisasi PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Tingkatan even kejuaraan yang paling rendah itu dilaksanakan oleh PASI tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional, sedangkan even tunggal atletik yang di ikuti oleh berbagai negara itu wajib dilaksanakan oleh IAAF ( International Association Of Athletics Federation) yang bermarkas di Monako.

Kejuaraan-kejuaraan resmi yang diadakan oleh PASI  tingkat kabupaten, provinsi dan nasional biasanya diadakan satu tahun sekali tergantung dengan situasi dan keadaan, sedangkan kejuaraan atletik tingkat dunia yang dilaksanakan oleh IAAF biasanya dilaksanakan 2 tahun sekali dan di dalamnya terdapat salah satu nomor jalan cepat yang menjadi pembahasan dalam materi ini.

Multy Even

Multi even adalah jenis kejuaran yang didalamnya terdapat banyak cabang olahraga yang terlibat dan biasanya dilaksanakan oleh KONI, DISPORA, dan KOI. Even olahraga tingkat Provinsi melalui even PORPROV (Pekan Olahraga Provinsi) yang dilaksanakan oleh KONI Kabupaten, Pekan Olahraga Nasional (PON) Yang dilaksanakan oleh KONI tingkat Nasional, Selanjutnya SEA Games, ASIAN Games, dan yang terakhir even yang paling bergengsi adalah even Olimpiade yang di ikuti oleh semua cabang dan peserta nya di seluruh negara di tingkat dunia.

PENGERTIAN JALAN CEPAT

Berjalan merupakan gerak dasar pada manusia yang di mulai dari balita sampai manula, kegiatan berjalan yang normal adalah bergerak kedepan tanpa adanya jeda terputus-putus serta kaki yang harus menyentuh tanah. Setiap melangkah dalam jalan cepat kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah, maka kaki tersebut harus lurus dan lutut tidak bengkok dan tumpuan kaki dalam keadaan posisi tegak lurus.

Dalam Jalan cepat, nomor-nomor yang diperlombakan adalah 
  • putra 10 km, 20 km, dan yang terjauh 50 km
  • putri 10 km dan 20 km

TEHNIK JALAN CEPAT

  1. Pada saat start atau memulai menggunakan start berdiri atlet berdiri di belakang garis star dengan posisi badan tegak lurus dengan tangan bersiap atau dengan bersilangan dengan kaki
  2. Ketika terdengar aba-aba ya atau bunyi pistol atlet bersilahkan berjalan dengan capat.
  3. Posisi badan ketika berjalan harus menghadap lurus ke dapan dan tegak lurus agar beban badan tidak condong ke belakang dan ke dapan.
  4. Tehnik langkah kaki yang benar untuk jalan cepat adalah di usahakan sebelum kaki melangkah tidak ada yang melayang di udara dan harus menyentuh tanah semua kaki ke tanah.
  5. Tehnik akhiran dilaksanakan setelah dilaksanakan atau setalah menyentuh garis finis.

MANFAAT JALAN CEPAT

  1. Dapat membakar lemak jika dilaksanakan lebih dari 30 menit berjalan
  2. Melatih daya kerja kardiovaskular (jantung)
  3. Menguatkan otot-otot kaki yang ada di tungkai.
  4. Melatih pernapasan agar selalu sehat.
  5. Membuat otot-otot bokong supaya lebih kencang
  6. Menambah kepercayaan diri.
Demikian materi pembelajaran untuk aktivitas jalan cepat ini admin buat sebagai referensi buat bapak/ibu atau para siswa yang melakukan pembelajaran jarak jauh.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.