Header Ads

Materi PJOK kls 5 SD/MI Smtr I Bab I (Kombinasi Gerak Dasar Permainan Bola Besar)

Materi PJOK Kls 5 SD/MI

Materi PJOK kls 5 SD/MI Smtr I Bab I (Kombinasi Gerak Dasar Permainan Bola Besar)

Apersepsi 

Materi berikutnya admin newpjok.com akan membahas tentang Kombinasi Gerak Dasar Permainan Bola Besar (Sepakbola) untuk siswa/siswi SD/MI  yang duduk di kelas V semester I kurikulum 2013. Seperti yang kita ketahui sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling banyak di gemari oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia, dan dari berbagai usia dari mulai anak sampai dengan para orang tua. 

Dalam Permainan sepakbola   para penggemar sepakbola di seluruh dunia baik itu dari kalangan bawah ataupun dari kalangan atas atau para konglomerat suka dengan sepakbola. Karena melalui  sepakbola para pemain di arahkan untuk dapat disiplin dan sportif serta bertanggung jawab.

A. Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Dalam Permainan Bola Besar  

Dalam permainan bola besar hal yang perlu dipelajari adalah gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan gerak manipulatif. dari ketiga gerak dasar tersebut perlu di pelajari dan kembangkan karena bukan hanya dalam permainan bola besar saja bahkan dalam permainan bola kecil pun gerak dasar tersebut harus di kuasai bahkan dalam semua kegiatan atau aktivitas manusia sehari-hari.

1. Gerak Lokomotor

Pengertian dari gerak lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan perpindahan tubuh dari satu  tempat ke tempat lain. Gerak ini merupakan dasar-dasar perkembangan koordinasi gerakan yang pada umumnya melibatkan otot-otot besar (gross Muscles). Jenis gerak lokomotor seperti jalan, lari, lompat, loncat, dan gerakan yang lain dengann salah satu cirinya berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya.

2. Gerak Nonlokomotor

Selanjutnya adalah gerak nonlokomotor adalah suatu gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat dan hanya bergerak di tempat tanpa ada perpindahan tempat. Contoh gerakannya seperti memutar kepala, pinggang, meggeleng, membungkuk, menekuk, mengayun, jongkok dan gerak lainnya yang bergerak masih di suatu titik tertentu tanpa adanya perpindahan tempat.

3. Gerak Manipulatif

Pembahasan berikutnya adalah gerak manipulatif, adalah gerakan yang melibatkan sebuah objek atau suatu alat atau benda yang di jadikan media untuk melakukan gerak manipulatif.
Ada beberapa contoh gerak manipulatif  yaitu diantaranya  adalah  melempar, menangkap, memukul, menendang, dan memantulkan bola pada permainan bola basket atau objek lainnya. Keterampilan dalam gerak manipulatif merupakan dasar-dasar dari berbagai keterampilan gerak yang nantinya dapat di kembangkan dalam suatu latihan ( game skill)
 

B. Kombinasi Gerak Dasar dasar Sepakbola 

Dalam bermain sepakbola ada beberapa tehnik dasar yang harus di kuasai oleh para pemain sepakbola  seperti menendang, berlari, dan melompat. Pengurus Sepakbola tingkat dunia  memiliki induk organisasi yang bernama FIFA  ( Federation  International Football Association) yang mengurusi segala macam hal peraturan tentang sepakbola dan lainnya, sedangkan di Indonesia yang mengurusi  aturan dan regulasi adalah PSSI ( Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia).

1. Kombinasi Gerak Lokomotor Dan Manipulatif

  • Kombinasi Gerak Berlari dan Menendang Bola
Dalam Permainan sepakbola gerak dominan yang sering dilakukan oleh para pemain sepakbola adalah gerak  berlari dan menendang. Gerakan berlari pada para pemain sepakbola merupakan salah satu gerak lokomotor yang membuat para pemain dapat berpindah tempat dari tempat satu ke tempat lainnya dengan cepat. Gerakan berlari dalam permainan sepakbola mempunyai tujuan dalam berbagai macam strategi dalam permainan sepakbola seperti dalam mngejar bola, mengejar lawan dan dalam tehnik bertahan atau menyerang. Selanjutnya adalah gerakan menendang bola merupakan contoh gerak dalam gerak manipulatif yang ada di dalam permainan  Bola Besar Sepakbola.

  • Kombinasi Gerak berlari, Menggiring Bola, dan Menendang Bola
Menggriring Bola atau dribling merupakan gerakan mengontrol bola di atas lapangan dengan cara berlari agar bola akan sampai pada tujuannya dengan di kontrol secara terus menerus oleh kaki. Dengan menggiring bola akan lebih cepat sampai tujuan dan diakhiri dengan menendang bola baik itu mengoper atau menendang bola ke arah gawang. Gerakan menggiring bola merupakan perpaduan gerak dasar lokomotor dan gerak manipulatif, lari merupakan gerak dasar lokomotor dan mengontrol bola dan menendang bola merupakan gerak dasar manipulatif.

  • Kombinasi Gerak Melompat dan Menyundul Bola
Tehnik berikutnya adalah menyundul atau heading merupakan tehnik dalam bermain sepakbola yang wajib di kuasi oleh para pemain sepakbola. Menyundul bola merupakan tehnik dasar yang menggunakan kepala atau dahi ketika bola sedang melayang di udara.
Tehnik ini dilakukan dengan cara melompat tinggi menyambut arah datangnya bola dan langsung di sundul oleh bagian kepala atau dahi pemain sepakbola. Tehnik ini bertujuan untuk menyerang atau memasukan bola ke gawang atau untuk bertahan dengan cara membuang bola menjahui gawang sendiri.
Melompat dalam tehnik menyundul bola merupakan gerak dasar lokomotor sedangkan menyundul bola merupakan gerak manipulatif.

  • Kombinasi Gerakan Melangkah  dan Melempar Bola
Melangkah dalam melempar bola ke dalam lapangan merupakan salah satu tehnik dasar dalam permainan Sepakbola, melempar bola biasanya dilakukan ketika bola keluar lapangan di samping lapangan maka tehnik melempar bola harus di kuasai oleh semua pemain. Gerakan melangkah sebelum melempar bola merupakan gerakan dasar lokomotor sedangkan gerakan melempar bolanya merupakan  gerak dasar manipulatif.

2. Kombinasi Gerak Nonlokomotor  dan Manipulatif

  • Kombinasi Gerak Ayunan dan Menendang Bola
Gerakan ayunan dan menendang bola dalam sepakbola merupakan contoh dari kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif. Saat kaki mengayun akan menendang bola di situ ada perpaduan gerak nonlokomotor dan gerak manipulatif. saat kaki mengayun itu adalah gerak nonlokomotor dan saat kaki mengenai bola/ menendang bola merupakan gerak dasar manipulatif.

  • Kombinasi Gerak Menghentikan Bola Dan Meliukan Badan
Tehnik menghentikan bola dalam permainan sepakbola merupakan suatu tehnik dasar yang harus di kuasai oleh para pemain sepakbola. Tehnik menghentikan bola biasanya untuk mematahkan gerakan bola, karena sertelah bola berhenti pemain bisa dengan leluasa menggringnya lagi ke arah yang diinginkan. Tehnik menghentikan bola ini dapat di lakukan oleh beberapa bagian kaki diantaranya kaki bagian dalam, kaki bagian luar, menggunakan punggung kaki, menggunakan telapak kaki, menggunakan paha kaki, menggunakan kepala, dan menggunakan dada.

Gerakan manipulatif menghentikan bola dengan dada dapat dikombinasikan dengan gerakan nonlokomotor seperti meliukan badan sebelum dada mengenai bola yang merupakan gerakan manipulatif.

Sekian Materi pembelajaran PJOK Bab I Permainan Bola Besar ( Sepakbola) kelas V Semester I  SD/ MI kurikulum 2013, mudah-mudahan materi ini dapat membantu guru dan siswa/siswi SD/MI Kelas 5 semester I tahun Pelajaran 2021/2022 di masa pandemi yang menerapkan sistem BDR ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.