Header Ads

PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 7 SEMESTER 1

PERMAINAN BOLA BESAR BASKET

SEJARAH 

PERMAINAN BOLA BESAR BASKET KELAS 7 SEMESTER I, Merupakan salah satu permainan bola besar dalam kurikulum 2013. Olahraga Basket merupakan olahraga permainan yang di mainkan oleh 10 orang yang terbagi dengan 2 tim yang sedang bertanding 5 lawan 5 dengan pemain cadangan berjumlah 5 juga, tetapi biasanya di ajang yang lebih prestisius seperti NBA atau liga basket yang ada di Indonesia untuk jumlah pemain jadangan di tambah 2, jadi jumlah pemain dalam satu tim basket bisa berjumlah 12 orang.


Awal mula ditemukannya permainan bola basket yaitu pada tahun 1891 oleh seorang guru olahraga  yang mengajar di perguruan tinggi di Springfield, Massachusetts yaitu pria asal kanada yang bernama Dr. James Naismith.

Permainan bola basket mulai di pertandingkan secara resmi di tempat kerja Dr. James Naismith yaitu pada tanggal 20 januari 1892. Dan setelah pertandingan tersebut olahraga ini semakin populer di negara Amerika Serikat dan di kota-kota di negara tersebut mulai dimainkan dan dipertandingkan.

Untuk wilayah Asia permainan bola basket yang pertama kali mengenal adalah negara cina dan selanjutnya negara jepang dan Filipina. Sedangkan menurut catatan sejarah pada tahun 1920 orang Cina banyak yang merantau dan bermukim di indonesia, secara tidak langsung memperkenalkan dan membawa permainan bola basket ini.

Kepengurusan permainan Bola basket tingkat dunia yang membuat peraturan permainan adalah FIBA yang didirikan pada tanggal 18 juni 1932 yang bermarkas di Jenewa Swiss, sedangkan untuk kepengurusan bola basket di indonesia adalah PERBASI ( Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) yang beralamat di Jakarta.

Ukuran Lapangan  dan Waktu 

Untuk ukuran permainan bola basket menurut NBA ( National Basket Association) yaitu panjang 28,5 meter dan lebarnya 15 meter. Sedangkan menurut Federasi Bola Basket International (FIBA) ukuran panjang 26 dan lebar 14 meter. 

Ukuran lapangan Bola Basket

Waktu permainan bola basket dalam sebuah pertandingan resmi versi FIBA adalah 4 x 10 menit  sedangkan versi NBA  adalah 4 x 12 menit dengan waktu istirahat tiap babak 1,2.3,4 adalah 10 menit yang dipimpin oleh 2 orang wasit, wasit pertama di sebut referee umpire.  

Tehnik Dasar Bola Basket 

Dalam Permainan bola basket ada beberapa tehnik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain yang akan memainkan olahraga basket ini adalah sebagai berikut :
  1. Tehnik Memegang bola
  2. Tehnik Mengoper bola/passing ( Operan dada/ chest pass, Operan di atas kepala/ over head pass, operan pantul Bounce Pass), operan baseball)
  3. Tehnik Menggiring Bola (dribble)
  4. Tehnik Pivot  untuk mengecoh lawan
  5. Tehnik menembak (shooting)
  6. Tehnik Rebound Pantulan bola dari ring atau papan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.