Header Ads

SMP Negeri 2 Gantung menyelenggarakan Kelas Ahli Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertempat di Gunong Lumut



Rabu, 21 Februari 2024. 

SMP Negeri 2 Gantung menyelenggarakan Kelas Ahli Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertempat di Gunong Lumut Desa Limbongan, Kecamatan Gantung. Program P5 ini merupakan program P5 yang ketiga pada tahun ajaran 2023/2024. 

Topik  P5 kali ini “Elok Nan Manis” (Kearifan Lokal dengan Memanfaatkan Lais). 


Lais merupakan jenis tanaman endemik di Pulau Belitung dan bisa digunakan masyarakat untuk membuat berbagai macam anyaman seperti topi, tas, tikar, karung, dan sebagainya.


Tujuan SMP Negeri 2 Gantung mengangkat Tema P5 tentang kearifan lokal dengan memanfaatkan lais, supaya peserta didik dapat melestarikan budaya tradisional menganyam dan memahami bagaimana cara mengolah daun lais menjadi sebuah produk yang bernilai jual.




Kegiatan Kelas Ahli ini dibuka oleh Kepala SMP Negeri 2 Gantung, Ibu Deisy A, S.Pd. Juga dihadiri Ketua Pokdarwis Lindong Lumut Bapak Kristianto Putra. 


Rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu pelatihan menganyam dengan narasumber Ibu Sahdinawati dan Ibu Nengsih pengrajin anyaman Desa Limbongan. 


Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, Deisy berharap siswa bisa mengetahui dan mengembangkan potensi kearifan lokal serta kekayaan sumber daya alam yang ada di sekitar mereka. Hal ini juga selaras dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu Profil Berkebhinekaan Global, Mandiri dan Kreatif.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.