Header Ads

PERMAINAN BOLA KECIL TENIS MEJA KELAS 9 SMS 1

Permainan Tenis Meja (Ping Pong)

Selamat datang kembali di website newpjok, kali ini admin akan membahas tentang materi pembelajaran PERMAINAN BOLA KECIL TENIS MEJA KELAS 9 SMS 1, edisi covid-19 yang sekarang masih berlangsung di seluruh wilayah Indonesia sehingga mengakibatkan semua materi praktek dalam mata pelajaran PJOK di sekolah untuk sementara waktu  lebih menekankan pada aspek pemahaman pengetahuan sedangkan untuk praktek bisa di lakukan di rumah masing-masing. Di karenakan di sekolah belum di terbitkannya ijin untuk memulai pembelajaran secara praktek.


Tenis Meja di setiap even kejuaraan sudah mulai di pertandingkan dari mulai usia muda sampai usia dewasa melalu Pekan Olahraga Provinsi dan Pekan Olahraga Nasional yang selalu rutin dilaksanakan selama 4 tahun sekali dalam setiap kegiatan multy even tersebut.

SEJARAH TENIS MEJA

Tenis meja sudah mulai di kenal di negara inggris yaitu dari abad ke-19. Olahraga tenis meja pada jaman itu  lebih di kenal sebagai ping-pong atau whiff -whoff. Pada masa itu permainan ping-pong di kenal sebagai olahraga bagi kalangan atas para bangsawan atau yang berduit yang dimainkan di dalam ruangan dan dimainkan setelah makan malam selesai.

Awal mula dari permainan tenis meja ini yaitu menggunakan meja apa adanya dengan buku menjadi net, bola golf yang dijadikan bola permainan ini, sedangkan bet pemukul bola menggunakan buku-buku. James W Gibb pada tahun 1901 seorang pencinta olahraga tenis meja ini berhasil menemukan bola yang terbuat dari seluloid. 

Pada tahun 1921 negara inggris membentuk organisasi Table Tennis Association (TTA) dan di ikuti dengan berdirinya International Table Tennis Federation (ITTF) yaitu pada tahun 1926. Dan pada tahun 1926 juga di adakan sebuah kejuaraan tenis meja yang pertama kali di London, Inggris.  

Sedangkan perkembangan olahraga tenis meja ini di mulai dengan mulai dipertandingkannya di even yang bergengsi di tanah air yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di SOLO tahun 1948. Sedangkan di tingkat Dunia Table Tennis ini baru resmi  dilaksanakan di Olimpiade 1988 di Seoul South Korea.

Sebuah perusahaan alat olaraga di negara Inggris S.W. Hancock Ltd, pada tahun 1950 memperkenalkan bet baru kayu yang berlapis karet dengan spons di bagian bawah karetnya yang menyebabkan pantulan bola menjadi cepat dan bertenaga sehingga perputaran bola juga menjadi tinggi

TEHNIK DASAR TENIS MEJA

Dalam permainan tenis meja ada beberapa tehnik yang harus dikuasi oleh seorang atlet atau siswa yang akan bermain permainan tenis meja dari mulai memegang bet, service, pengembalian, smash dan bola berputar. 

1. Tehnik Atau Cara Memegang Bet

Tehnik atau cara memegang bet dalam permainan tenis meja itu ada 3 macam 


  • Shakehand Grip yaitu cara memegang bet seperti seseorang sedang berjabat tangan, tehnik ini banyak dipakai oleh atlet-atlet profesional di eropa. Tehnik ini mempunyai kelebihan di kedua sisinya dapat dipergunakan untuk memukul bola
  • Penhold Grip yaitu cara memegang bet seperti memegang pena, tehnik ini banyak disebut dengan nama asian grip, dan tehnik ini hanya bisa memakai satu sisi saja untuk memukul bola.
  • Seemiller Grip yaitu cara memegang bet yang hampir sama dengan shakehand Grip  akan tetapi bagian atas diputar 20-90 derajat ke arah tubuh dengan jari telunjuk menmpel sepanjang sisi bet, tehnik ini banyak disebut dengan nama Ameerican Grip.

2. Posisi Tubuh

Posisi tubuh dalam permainan tenis meja sangat penting sekali untuk di kuasai para atlet atau siswa dalam permainan tenis meja, yaitu sebagai berikut :

a. Tehnik Stance (Bersiap siaga) 

merupakan tehnik untuk menempatkan posisi kaki, tangan dan badan ketika akan menyerang dan bertahan, untuk posisi ini bersiap ini ada dua gaya macam gaya yaitu yang pertama gaya 
  • Square Stance  adalah suatu gaya yang posisi tubuhnya mengarah ke meja dan biasanya di pakai saat akan menerima service caranya adalah gerakan satu kaki selangkah ke depan, belakang, samping kiri atau kana. 
  • Gaya Side Stance adalah posisi tubuh yang menyamping ke kiri atau ke kanan sehingga posisi bahu dekat dengan net katika akan menyerang lawan.

b. Gerakan kaki ( Footwork)

Gerakan kaki dalam permainan tenis meja ini sangatlah penting karena menjadi unsur utama dalam permainan tenis meja dengan kelincahan bergerak ke kanan dan ke kiri baik itu langkah step 1,2 dan 3 langkah dalam mengejar bola. 

Tehnik kaki Footwork yang sering di gunakan pada setiap atlet adalah Metode two step terutama pada para pemain yang mempumyai tipe penyerang langsung dari bola service atau dari bola apapun. 

3. Tehnik Memukul Bola

Dalam permainan tenis meja tehnik memukul bola menjadi modal utama dalam permainan ini, untuk tehnik memukul bola ini ada dua tehnik yang sering digunakan para pemain atau para siswa dalam memukul bola yaitu tehnik forehand dan Backhand.

a. Forehand 

Pukulan Forehand adalah cara memukul bola yang dimana posisi telapak tangan yang memegang bet menghadap ke depan, ketika memukul gerakannya di mulai dari belakang ke depan dengan mengayun dengan kekuatan tangan ada pada saat di belakang.

b. Backhand 

Jenis pukulan ini adalah memukul bola yang dimana posisi telapak tangan yang memegang bet berada di belakang meja atau dengan kata lain kebalikannya dari tehnik forehand dengan sisi bet yang berbeda dari forehand. 

4. Tehnik Melakukan Service.

Unsur utama dalam satu permaian tenis meja adalah service karena service ini merupakan awal dari suatu permainan yang bisa sebagai serangan dengan tehnik service yang bisa mematikan lawan. 

a. Forehand Topspin

Service yang dilakukan dengan bola berputar se arah jarum jam dengan telapak tangan menghadap ke depan dengan tangan kiri memgang bola, dan bola dilambungkan sekitar enam belas centimeter ke atas sebelum dipukul bet.

b. Backhand Topspin 

service yang dilakukan dengan cara telapak tangan menutup  dari arah meja atau telapak tangan menghadap ke tubuh pemain dan bola yang dipukul berputar searah jarum jam dan diusahakan menggunakan power yang kuat agar bola hasil service berputar sehingga akan menyulitkan lawan dalam pengembalian bola karena berputat.


PERALATAN TENIS MEJA

1. Meja

meka pingpong

Dalam permainan tenis meja peralatan yang harus ada dan memenuhi standar untuk bisa digunakan dalam permainan tenis meja ini di mulai dari ukuran, ketebalan, dan pantulan bola yang harus standar agar tidak mempengaruhi jalannya permainan tenis meja.
  • Panjang Meja : 274 cm
  • lebar : 152,5 cm
  • tinggi meja dari lantai 76 cm
  • luas meja : 4. 175 m2

2. Bet

bet dan bola tennis meja

Standar bet yang digunakan dalam permainan tenis meja sampai saat ini belum ada ketentuan khusus dari mulai bentuk, ukuran maupun berat bet yang akan di gunakan, akan tetapi daun bet bagian luar harus datar dan kaku minimal 85 % bahan terbuat dari kayu. Jika menggunakan bet berbintik menghadap ke luar maka ketebalan bintik tersebut tidak boleh melebihi dari 2 mm ketebalan karet dan lemnya.

Warna karet yang boleh di gunakan hanya berwarna hitam dan merah saja dan kedua sisi bet harus berbeda warna tidak boleh kedua sisi bet berwarna sama.

3. Bola

Bola yang digunakan dalam permainan tenis meja ini harus terbuat dari bahan selulosa ringan dengan diamter 40 mm dengan berat 2,7 gram dan jika dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm bola pantulan pertama harus setinggi 23-26 cm untuk standar pertandingan tenis meja dan berwarna putih.

PERATURAN DALAM TENIS MEJA

Berikut ini beberapa peraturan secara garis besar dalam permainan tenis meja untuk tingkat SMP kelas 9 semester 1 yaitu sebagai berikut :
  • Poin game dalam permainan tenis meja yaitu sampai 11 dengan selisih 2 poin
  • Urutan permainan tenis meja adalah melalui pengundian coin tos dan bola harus service bergantian sebanyak 2 bola
  • Jika service pertama menyentuh net maka wasit akan menyuruh mengulang service tersebut dan poin belum diberlakukan
  • Bola service dan bola hasil smash harus terlebih dahulu memantul ke meja sebelum di pukul kembali
  • Ketika service bola harus di pantulkan terlebih dahulu di meja permainan sendiri sebelum bola ke lawan
  • pengembalian service atau pukulan bola langsung di berikan atau diarahkan ke meja permainan lawan.
  • Jika bermaian ganda perhatikan arah service jangan sampai salah tempat/ slah kamar dalam service bola.
Sekian materi pembelajaran Permainan Bola Kecil Tenis meja ini admin sajikan mudah-mudahan dapat bermanfaat dan bisa menjadi bahan pembelaran bagi siswa-siswi kelas 9 SMP/ MTS semester 1


 






   

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.