Header Ads

TEKNOLOGI MEMBANTU CABANG OLAHRAGA MENJADI ADIL

TEKNOLOGI MEMBANTU CABANG OLAHRAGA- Pengembangan teknologi di abad 21 ini semakin hari semakin canggih dengan berbagai kebutuhan baik itu di bidang kesehatan, Pendidikan, Perdagangan, maupun di bidang Olahraga baik itu olahraga kemasyarakatan maupun olahraga prestasi.

Di bidang olahraga prestasi kemajuan teknologi sangatlah di butuhkan untuk menunjang dan membantu para wasit dalam pengambilan keputusan, Perkembangan dan kemajuan teknologi memang bertujuan untuk membantu manusia dalam menjalankan segala aktivitas mereka.

Bahkan teknologi di bidang olahraga menjadi suatu keharusan dan sebagai syarat dalam menggelar sebuah even kejuaraan yang berhubungan dengan prestasi dan gengsi, karena beberapa cabang olahraga memang sangat membutuhkan suatu inovasi terbaru yang di bantu dengan teknologi yang sedang berkembang pada saat ini.

Berikut ini beberapa contoh cabang olahraga yang mulai menggunakan bantuan  teknologi dalam regulasi kejuaraannya masing-masing cabor, berikut ini  admin rangkum beberapa cabang Olahraga yang menggunakan bantuan teknologi.



  1. Sepakbola, Dengan mulai dipakainya teknologi garis gawang dan sistem vidio replay yang mulai di terapkan di beberapa negara seperti di eropa dan headset pada wasit sehingga dapat memudahkan wasit dalam berkomunikasi.
  2. Basket, Cabang basket dengan bantuan teknologi dalam skoring atau papan skor yang terbuat dari LED yang besar.
  3. Ski es, Cabang olahraga yang mulai di pertandingkan di setiap negara dengan media es yang terhampar di sebuah ruangan, teknologi ini sudah lama bahkan di negara seperti Indonesia yang tidak mempunyai musim saljupun dapat terbantu dengan adanya teknologi pembuat es.
  4. Taekwondo, cabang olahraga bela diri ini mulai menggunakan teknologi sehingga memungkinkan atlet bertanding secara fair, dari mulai peralatan body protektor dan head protektor menggunakan sensor yang di pasang kaki dan semua terhubung pada satu server, serta stik penilaian pada wasit menggunakan sistem wifii.
  5. Bulutangkis, dengan adanya aturan vidio replay pada cabang olahraga bulutangkis akan membantu atlet jika merasa tidak puas sehingga memungkinkan meminta kepada wasit untuk di putar ulang kejadian sebelumnya terjadi tentang netting, garis keluar atau lainnya.
  6. Atletik, Dengan teknologi foto/ vidio pada garis akhir akan memudahkan panitia dalam menentukan juara atau peringkat pertama sampai terakhir dalam cabang ini.
  7. Renang, Cabang olahraga ini mengembangkan teknologinya dengan membuat baju yang bebas hambatan serta membuat teknologi foto/vidio di garis finish.
  8. Softball, Cabang ini terbantu oleh dengan adanya teknologi pistol radar yang dapat membantu mengukur kecepatan bola yang melesat.
  9. Yang terakhir teknologi camera drone yang dapat memantau segala macam aktivitas baik itu atlet ataupun para penontonnya sehingga kegiatan tersebut terdokomentasikan dalam setiap sisi baik itu penonton amupun atlet tersebut.


Dengan adanya kemajuan teknologi dapat membantu para pelatih, atlet maupun wasit yang bertugas dalam sebuah even kejuaraan ataupun latihan pada setiap cabang olahraga sehingga dapat membantu dalam peningkatan prestasi suatu cabang olahrag.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.