Header Ads

PERMAINAN BOLA BESAR SEPAKBOLA KELAS VII SMS 1

Permainan Bola Besar Sepakbola Kelas VII SMS 1

PERMAINAN BOLA BESAR SEPAKBOLA KELAS VII SMS 1, Semua orang pasti sudah mengetahui apa itu permainan sepakbola dan bagaimana cara bermainnya. Tetapi ada beberapa siswa terutama para siswa perempuan yang belum begitu mengenal tentang cara bermain permainan sepakbola dengan peraturan yang benar.


PENGERTIAN DAN ATURAN  SEPAKBOLA 

Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan oleh 22 pemain dengan rincian 11 pemain a dan 11 pemain b yang akan saling mengalahkan dengan cara memasukan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dengan peraturan yang benar. Apa itu peraturan yang benar ?  Yang disebut dengan peraturan yang benar adalah peraturan yang di buat oleh badan tertinggi sepakbola dunia yaitu FIFA yang setiap tahunnya peraturan tersebut akan berubah setiap tahunnya karena menyesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan jaman.

Sepakbola merupakan permainan dua regu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Untuk permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak  yang masing-masing babaknya mempunyai waktu 45 menit dengan istirahat 10 menit/ 15 menit tergantung kesepakatan ketika tehnical meeting.

Jumlah wasit dalam permainan sepakbola adalah 4 orang yang terdiri dari 1 wasit tengah, 2 wasit garis pinggir lapangan dan 1 asisten wasit/cadangan yang biasanya membantu wasit tengah dalam hal jika ada pergantian pemain. Untuk tambahan wasit di dekat garis gawang yang sudah mulai di terapkan di sebagian negara eropa yang bertugas membantu wasit tengah jika ada kejadian di dekat garis gawang baik itu bola yang masuk kegawang ataupun ada pelanggaran yang dekat dengan garis gawang.

FEDERASI/ ORGANISASI

Federasi atau organisasi yang menaungi sepakbola tingkat dunia yaitu FIFA ( Fédération Internationale de Football Association) yang mempunyai peranan penting dalam hal pembuatan aturan-aturan dalam dunia sepakbola dan juga FIFA didirikan pada tanggal 21 mei 1904. 

FIFA juga mempunya agenda turnamen yang paling bergengsi yaitu FIFA World Cup yaitu kejuaraan sepakbola tingkat dunia yang diadakan 4 tahun sekali pada tahun 1930 FIFA World Cup yang pertama atas inisiatif Julies Rimet. FIFA didirikan pada tanggal 21 mei 1904 

Sedangkan organisasi yang menaungi sepakbola di Indonesia yaitu PSSI yang mempunyai singkatan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang dibentuk pada tanggal 19 april 1930 di Yogyakarta. Pengurus PSSI yang pertama kali di ketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo, dan pada tahun 1966 mulai diadakan kejuaraan sepakbola tingkat taruna remaja dengan nama Piala Soeratin.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.